Rabu, 16 Maret 2011

KD 7: Teknik Pernapasan

Dalam bernyanyi, pernafasan itu sangat penting karena bernafas dengan baik akan sangat membantu dalam membentuk suara serta dapat memenuhi prasering atau panjang dan pendeknya suatu kumpulan nada. Ada bermacam-macam olah pernafasan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Pernafasan CLAVICULAIR (dengan memakai pundak).
  2. Pernafasan COSTROL (dengan dada).
  3. Pernafasan DIAFRAGMA (ini yang paling baik).

Cara bernapas yang baik pada saat bernyanyi sebagai berikut:
  1. Jangan menggunakan cara pernapasan di mana pada waktu menghirup udara, dada dan bahu terangkat, ini membuat leher menjadi tegang dan mengganggu produksi suara.
  2. Pada waktu bernapas daerah sekitar lingkar perut mengembang dan pada waktu membuang napas mengempis. Pada waktu menghembuskan napas untuk memproduksi suara, otot-otot di sekitar perut mengencang dan secara konstan mendorong ke dalam (mengempis) dengan berlahan-lahan dan terus-menerus sampai kalimat lagu habis. Ini yang disebut SUPPORT dan SUSTAIN.
  3. Tarik nafas atau hirup nafas anda dalam 8 hitungan (8 detik): 1..2..3..4..5..6..7..8.
  4. Tahan nafas saudara dalam 4 hitungan (4 detik): 1…2…3…4.
  5. Keluarkan nafas anda dengan berdesis (suara ular!) dalam 8 hitungan: 1..2..3..4..5..6..7..8.
Bisa juga hal itu disebut 8 4 8 karena menghirup nafas dalam 8 hitungan, menahan nafas dalam 4 hitungan dan mengeluarkan nafas dalam 8 hitungan. Lakukan latihan itu berulang-ulang, dan saat mengeluarkan nafas, desis anda bisa diganti dengan mengucapkan ma atau me atau mu, dll.
Selamat berlatih yah kawan2…!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^