Senin, 01 Oktober 2012

Sebelas nasyid out of the box alias unik


AWAN
Versi ANN Jateng (paling disayang nasyid lovers)

Tahun 2012 ini nasyid Indonesia didominasi nasyid bertema kecintaan pada Allah, motivasi diri, dan Islamic Romantic. Sebagian di antaranya tergolong out of the box. ANN Jateng merangkum 11 nasyid unik 2012 yang berhasil sering diputar di radio-radio Islam (alias lulus uji verifikasi, ha ha) baik dari tema, lirik ataupun cara menyanyikannya sampai dengan September 2012 ^_^.  Memang saking out of the box-nya, sebagian nasyid ini menjadi kontroversial. Tapi itulah sisi resiko. Eits, tidak ada perangkingan disini.

 1.       Merah Putih – Munsyid United
Tahun ini, nasyid tentang patriotisme dan kecintaan Indonesia yang paling mencuat adalah nasyid ini. Unik, karena selain temanya yang cerdas, juga yang menyanyikan beragam warna suara, namun tetap disetting dalam semangat menyatu. Untuk melengkapi, sebuah nice quote Bung Karno dilisankan dalam nasyid ini.

 2.       Aku Takkan Curhat Pada Bintang – N’FE
Judulnya saja sudah unik.  Tak heran, jika nasyid ini bertahan sangat lama di banyak chart Radio Islam Indonesia, dari awal tahun sampai sekarang. Beragam kata sehari-hari pun termuat dalam liriknya, seperti Sorri, Curhat, Meleleh air mata. Bercerita tentang seseorang yang tidak akan curhat pada bintang (baik bintang perseorangan maupun rasi bintang/zodiak), tetapi kepada Allah, baik di saat senang ataupun susah.

 3.       Ikhwan Genit – The Night Pray
Temanya tentang sindiran kepada Ikhwan yang suka tebar pesona pada Akhwat, dibawakan apik dengan nuansa hip hop. Lepas dari kontroversial, pro-kontra nasyid ini, penulis menganggap nasyid ini sebagai tambahan ragam nasyid Indonesia. Diksi yang dipakai juga gaul tapi tersusun rapi dengan pesan mulia agar Ikhwan bisa menjaga diri.

4.       Dunia Cinta – Iie dan Redi
Bagi yang anti Nasyid MJ (Merah Jambu, julukan sebuah radio terhadap nasyid tertentu) nasyid ini mengecoh, karena isinya jauh dari MJ. Mengambil tema kecintaan pada Allah, pola yang digunakan nasyid ini sama seperti Ikhwan genit, yaitu berupa sindiran. Hanya saja, uniknya disampaikan secara tersirat. Tengok saja lirik nasyid bernuansa sedikit swing jazz ini, “Dalam dunia cinta. Ada banyak cerita. Dalam dunia cinta. Teruji ketulusan cinta. Dalam dunia cinta. Ada urutan cinta. Cintamu pada Allah di posisi yang mana?” Tak ayal, nasyid ini menjadi rekomendasi beberapa pakar terkenal nasyid Indonesia pada saat audisi nasyid untuk sebuah album.

5.       Mungkin Ku yang Salah – Dodi Nahawan
Tema yang diambil unik dan cerdas: perpecahan silahturahmi antar teman. Lirik nasyid ini sebenarnya sedikit merajuk manja, tapi dibalut musik wah dan vokal yang indah. Hasilnya: unik dan luar biasa.

6.       Doa Seorang Pedagang – Teddy Snada ft Bayu
Nasyid ini sepertinya juga satu-satunya di Indonesia. Menceritakan tentang pengharapan seorang pedagang kepada Allah. Nuansa sederhana terasa kentara dalam nasyid ini, sangat mendukung pesan yang ingin disampaikan. Unik (dan juga bagus).

7.       A ba ta tsa – D’Jenggots
Unsur sunda biasanya diselipkan dalam nasyid acapella. Tapi D’Jenggots uniknya memberikan unsur sunda yang  sangat kental dengan lirik yang juga unik dan menggelitik pada nasyid bermusik. Unik, untuk tahun 2012 ini. Pilihan nama tim D’Jenggots juga menjadi pilihan unik tapi marketable. Cara menyanyi nasyid ajakan rajin mengaji ini (dan juga video klip promonya) unik dan sukses menampilkan sosok berjanggut yang ramah menyenangkan (secara tak langsung menendang piktor alias pikiran kotor picik bahwa berjenggot = teroris).

8.       Uwais Anakku – Alief
Momenlah yang membuat nasyid ini jadi terasa unik, karena di tahun 2012 jarang nasyid yang mengambil tema anak, apalagi jika sampai menyebut nama anaknya. Seakan ingin menguatkan keunikan, Alief pun bernyanyi sangat sederhana di nasyid ini dan melibatkan teman-temannya sebagai backing. Unik, karena biasanya Alief bernyanyi cukup berteknik.

9.       Bismillah – Awan
Totally unique. Reff nasyid ini sangat susah ketika dinyanyikan live, “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim. Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”  Acapella-nya unik, lirik dan video klipnya yang juga sangat unik (dan sangat total, video klip nasyid Indonesia terbaik 2012 versi penulis ho ho). Nasyid ini menjadi nasyid yang dinyanyikan Awan dengan penghayatan paling baik, selain “Dekatkanlah”. Penasaran seperti apa uniknya? Lihat saja di Youtube ^_^

10.   Permata Tarbiyah – Izzatul Islam
Nasyid Haroki, belum ada yang bisa memberikan pengaruh sebesar Izzatul Islam dan Sho-Har. Beberapa yang lain pernah mempunyai hits namun konsistensi hits-maker mereka masih proses belajar. Nah, uniknya pada 2012 ini Permata Tarbiyah berhasil menjadi nasyid haroki baru yang cukup sukses diterima kalangan radio (sepanjang tahun, tidak hanya pada momen tertentu tahun ini). Nasyid yang didedikasikan pula untuk mengenang Ustadzah Yoyoh Yusroh ini berhasil keluar dari image nasyid haroki yang sedikit monoton. Dan bagi penulis, nasyid haroki paling bervariasi ya nasyid-nasyidnya Izzis ho ho.

11.   Cinta Suci Zahrana – Melly G ft Anto Hoed
Lepas dari kontorversi ada yang membedakan pop religi dan nasyid, menurut penulis, nasyid ini sangat inspiratif. Menceritakan seorang wanita yang terlambat menikah, yang sering disebut sebagai perawan tua, namun tetap menjaga kesucian dirinya. Dengan permasalahan lama melajang, yang bagi wanita adalah masalah yang super menggelisahkan, Melly memberi pesan agar tetap yakin kepada Allah. Segala perkara hidup akan selesai dan indah pada waktunya, wuih mantap.

Selain nasyid-nasyid itu, ANN Jateng punya satu buah nasyid out of the box rilis September, yang didoain bisa diterima khalayak luas, yaitu Munsyid United – Aku Anak Rohis/Rohis Bukan Teroris. Selayak nasyid, yang kadangkala baru terasa faedahnya (obat kalee…ho ho), setelah nasyid tak senonoh mencuat, demikian juga Rohis. Setelah sekian lama tidak ada nasyid tentang Rohis (yang berhasil merebut simpati pendengar radio), nasyid ini seolah menjadi pengingat kembali bahwa Rohis dalam incaran Si “eng ing eng” perusak Islam. Semoga besok-besok ada nasyid, yang memang keluaran baru, tentang Rohis, tanpa harus ada momentum dulu. Aamiin ^_^

 Punya kesan terhadap 11 nasyid di atas? Atau punya nasyid unik lain yang edar radio tahun 2012? Ayo cerita di sini ^_^
Written by: Firto (Si Tukang Ngebawelin Kepala dan Sekjen ANN Jateng, ho ho).

Next: 11 Nasyid yang bertahan lama di suatu chart Radio Islami 2012

1 komentar:

  1. Semoga video klip awan bismillah, dan juga karya alif indonesia
    jadi inspirsi untuk nasyid dlm berkarya yg berkualitas, sehingga nasyid bisa duduk berdampingan dgn musik yg lain, sehingga dakwah yg kita sampakan sampai kepada mereka yg masih mempunyai perilaku yg kurang islami, karena terpengaruh dgn musik kurang mendidik, amin





    BalasHapus

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^