Rabu, 19 Januari 2011

CS 3/3: Anak Autis dan My Speechless

Chicken Soup-nya ANN Jateng Edisi 3 "The Inspiration"
Volume 3: Anak Autis dan My Speechless

Salah satu permasalahan mendesak ANN Jateng adalah kekurangan keyboardis. Hanya ada dua keyboardis senior, yang ada di ANN Jateng. Satu milik Syahdu dan satu lagi milik Naufal. Repotnya lagi, keduanya sekarang bekerja, sehingga tidak bisa tampil di hari-hari aktif.

Suatu ketika, salah satu tim kami akan tampil di sebuah repeat order. Klien ini termasuk loyal. Sudah beberapa kali kami diundang dalam acara mereka. Atas dasar itu, kami berusaha memberikan yang terbaik buat mereka. Naasnya, dua keyboardis senior ANN Jateng tidak bisa tampil. Kami belum berani memakai keyboardis pemula, karena mereka masih tahap awal belajar. Akhirnya, kami memutuskan untuk menyewa keyboardis profesional.

Segala sesuatu telah dipersiapkan. Kami berusaha memberikan perfom terbaik. Sengaja kami pilih Hans-Dudu Syahdu dan Redi Sieben, karena mereka tiga vokalis yang masuk jajaran terbaik, selain Alief, Iie The CS atau Jihad Mahiba. Terasa kurang, kami pun menambah Pak Joko, pemain saxophone Naufal. Rasanya penampilan ini akan luar biasa. Apalagi perfom ini akan didukung seorang keyboardis dari musisi profesional.

Namun, mimpi buruk itu mulai tumbuh. Mendadak sang keyboardis profesional itu tidak dapat datang untuk prepare latihan. Kepada kami, dia meminta tidak usah khawatir, karena dia sudah menguasai lagu-lagu request. Sedikit ketar-ketir, kami mempercayainya. Padahal, kami tidak begitu yakin dia menguasai lagu-lagu Islami itu dengan cepat.

Hari H itu tiba. Jreng! Mimpi buruk itu benar-benar terwujud. Sang keyboardis tidak siap, dan sibuk mencari-cari kunci lagu di tempat tampil. MIDI pun banyak digunakan sebagai senjata. Padahal, untuk sebagian munsyid ANN, memakai MIDI tanpa banyak tambahan keyboard termasuk aib.

Saat itu, aku betul-betul jengkel dengan keyboardis itu. Sudah bayar mahal-mahal, hasiknya malah mengecewakan. Bahkan dia tidak lebih bagus daripada keyboardis yang kami punya. Menyesal juga membayar dia lebih mahal dibanding pemain yang lain.

Malang kotanya jauh, untung tak dapat diraih. Sebuah tawaran tampil di hari kerja datang lagi. Dengan sangat terpaksa, kami akhirnya memakai jasa keyboardis itu kembali, karena kenalan lain sudah sangat sibuk jadwalnya. Tapi, kali ini dia wajib latihan terbih dahulu sebelum tampil. Tak cukup itu, sebuah CD berisi kompilasi lagu Islami telah dipersiapkan, agar dia bisa mendengarkan sebelum latihan.

Mungkin karena merasa bersalah, sang keyboardis berinisiatif mengambil CD itu di kantor kami. Sayangnya, CD nya disimpan oleh seseorang yang sedang keluar kantor. Akhirnya, aku dan temanku berinisiatif mengantarkan CD itu kerumahnya. Tapi perasaan jengkel, kesal, dan sebal pada sang keyboardis masih saja menyelimutiku.

Tiba-tiba kebencianku pada keyboardis itu melumer. Kulihat ia menyambut kedatangan kami dengan ramah. Saat itu ia masih bermain-main dengan anaknya, yang habis buang kotoran. Yang aneh, anak berusia tujuh tahun itu masih memakai popok bayi sekali pakai. Setelah kuperhatikan, ternyata anak itu juga autis. Jika sebagian orang tua malah menyembunyikan anak autis di hadapan tamu, keyboardis itu malah terlihat bangga dan sayang dengan penderita autis itu. Sesekali kontak fisik, seperti belaian, dilakukan keyboardis itu pada buah hatinya.

“Ya beginilah. Kayaknya hanya Bunga*) deh, yang masih pakai popok. Anak (seusianya) yang lain tidak,” gurau Keyboardis itu pada sang anak. Aku hanya diam. Tak dapat berkata-kata. Meski temanku masih mencoba berbasi-basi, dengan mengatakan anak autis itu cantik

Akhirnya aku pulang dengan keadaan membisu. Temanku bilang, seandainya ia mendapat cobaan seperti itu, bisa saja dia merasa tidak sanggup. Kubiarkan saja ia berceloteh. Sementara itu, pikiranku melayang-layang, membayangkan musisi biasa itu begitu sayang dengan anaknya, si penderita autis itu. Semoga dia dikuatkan dan diberi kebaikan, demikian pintaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^