Rabu, 19 Januari 2011

CS Awan: Aksi Si Buruk Suara

Chicken Soup-nya ANN Jateng Edisi Spesial AWAN
Volume 3: Kisah Uki Awan (Perkusi)

Jika ada dongeng Si Buruk Rupa, maka saya tidak termasuk. Tapi, jika ada dongeng Si Buruk Suara, nah itu bisa jadi terinspirasi dari saya he he.

Nama saya Uki. Saya mungkin peserta Suara Indonesia dengan suara terjelek. Sadar diri, saya tentu tak akan mengambil alih suara Kiki sebagai lead vokal. Cukuplah saya ber tak-tik-tttah untuk memeriahkan Awan.

Ibarat film, dulu saya termasuk bagian dibuang sayang dari ANN Jateng. Beberapa petinggi ANN sempat bermaksud memecat saya dari personil Awan. Saya juga sadar bahwa saya jelek banget nyanyinya. Sempat beberapa personil Awan yang lain muring-muring karena kejelekan itu. Gak enak juga sih, tapi saya tutup kuping aja. Saya juga berusaha tegar menahan malu, manakala di sebuah lagu saya cuma kebagian membunyikan ‘ringkitiw’ dari awal sampai akhir.

Satu-satunya yang membuat saya bertahan di ANN Jateng adalah karena saya punya rasa PD yang tinggi. Saya PD meski suara saya jelek. Saya juga PD meski Awan tidak pernah menang sekalipun di Festival manapun. Dulu di Jawa Tengah, untuk acapella didominasi sebuah tim bernama Varian. Kadang timnya mas Alief dan mas Aris (mantan ketua ANN Jateng) masih ikut serta dalam festival dan tentunya menjadi jawara, sesuai prediksi saya. Kadang juga timnya mas Firto menjadi kuda hitam, memenangkan berbagai kejuaraan (Walau seringnya juara 3 he he. Peace Mas). Pokoknya kala itu saya menganggap kekalahan adalah hal yang biasa (maksudnya kita biasa kalah, luar biasa kalo menang he he).

Saat isu dipecatnya mulai memanas, tiba-tiba saya menyadari potensi saya, yaitu perkusi. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, saya pun belajar suara ini. Hanya suara ini. Saya tidak bermimpi belajar choir, apalagi lead vokal, karena saya tahu sekali kelemahan saya dalam hal harmonisasi suara.

Mulailah saya mengoleksi video-video sampai mp3 perkusi. Akhirnya, keajaiban itu muncul (huahaha). Saya melejit menjadi seorang perkusi, yang konon katanya perkusi-perkusi gaya saya banyak ditiru munsyid lain (Alhamdulillah). Tapi yang jelas, semoga dengan kebaikan dari Allah ini, kelak saya bisa menularkannya dengan mengajar langsung pada adik-adik saya, seperti Leon, Bahtera, dan Iqbal ANN Jateng, juga munsyid-munsyid lain di luar ANN. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^