Rabu, 19 Januari 2011

KD 4: Mencoba Menjadi PENCIPTA LAGU untuk Pemula

Kisah nyata. Sebuah lagu mampu meluluhkan seseorang untuk menjadi muallaf (Aku Muslim – Sigma), seorang nasheed lovers dari Sulawesi menjadikan sebuah lagu sebagai pemacu untuk sering mendoakan keluarganya yang telah tiada (Sebelum Dia Pulang – Firto), sebagian yang lain sukses membawa pesan bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam (lagu-lagu Maher Zein dan Zain Bikha). Bahkan, seorang non-muslim menyatakan cintanya kepada sang ibu dengan lagu Mama, Bunda, Ummi apapun namanya (Iie/The CS).

Mungkin tidak semua orang harus menjadi munsyid. Selain karena nasyid hanyalah secuil medan dakwah, tentu ada beberapa persyaratan, seperti vocal, untuk menjadi munsyid. Tetapi semua orang bisa berpartisipasi dalam dunia ini dengan menjadi pencipta lagu nasyid. Dengan berbagai kisah nyata di atas, Insya Allah pastinya tertarik dong buat membuat lagu? Kalo iya, berikut tips menjadi pencipta lagu bagi pemula.

1. Berhenti memikirkan kekurangan.
“Aku tidak bisa alat musik, aku tidak bisa membuat lirik puitis, atau parahnya aku tidak bisa menulis, aku tidak bisa dan aku tidak bisa lainnya.”
Ketika nasheed lovers mengatakan tidak bisa, maka itu menjadi batas kemampuan kalian semua. Percaya tidak percaya, seorang penulis lagu ANN Jateng (Firto) tidak bisa bermain semua alat musik. Tetapi di ANN Jateng, dia mengukir rekor pencipta lagu yang lagunya paling banyak dinyanyikan oleh munsyid lain. Bahkan, lagunya pernah dinobatkan sebagai lagu terbaik oleh salah satu lembaga.

2. Fokuslah pada kelebihan.
“Aku dulunya suka menulis puisi, ini potensiku untuk membuat lagu-lagu yang indah liriknya,”
“Aku bisa software musik, bisa nih buat coba-coba bikin lagu,”
“Walaupun aku hanya bisa kunci-kunci dasar bergitar, aku yakin bisa menciptakan lagu easy listening,”
Seorang penulis lagu ANN Jateng yang lain (Anggit) mengawali karir menulisnya justru karena sering membuat puisi. Lagu pertamanya ditulis bukan di studio, tetapi di dapur ANN. Meski tidak mahir bergitar, dengan kelebihannya berpuisi, dia mampu membuat lirik indah yang tersusun begitu rapi.

3. Bikin lagu-lagu sederhana dulu. Lupakan dulu membuat lagu yang harus berteknik ini itu. Harus begini begitu. Bikin aja dulu lagunya. Setelah jadi, jika kamu ternyata kesulitan menyanyikan lagu itu, karena diluar dugaan lagu yang kamu ciptakan ternyata tidak sederhana, mintalah beberapa kenalan munsyidmu untuk menyanyikan lagu itu.

4. Pakai hukum paretto. Membuat 10 lagu dalam 1 minggu, yakin ketemu minimal 1 lagu yang bagus. Mungkin awalnya, dalam hukum paretto kamu tipe 10 : 1, artinya dari 10 lagu yang kamu buat, maka 1 lagu pasti bagus. Lambat laun kamu akan berskala 10 : 5, bahkan 10 : 9. Wuih….

5. Perbanyak referensi. Kalau kamu hanya dengerin munsyid tertentu, lagu-lagumu ya kayak gitu alias terbatas nada-nadanya. Banyak-banyak dengerin input nasyid keren, semisal lagu-lagunya Sami Yusuf, Maher Zein, Alief, Fatih, JV, Sigma, The CS, Syahdu, munsyid-munsyid ANN Jateng (ho ho ho Narsis dot com).

6. Muka badak alias tahan malu. Seorang pencipta lagu di ANN Jateng pernah ditertawakan karena membuat lagu tentang ajakan untuk sholat malam, tapi nada-nadanya horror seperti lagu kematian. Tapi, dia tenang-tenang saja dan mengakui kekurangan lagu itu. Intinya, tetap berkarya, walau dikritik ini itu.

 7. Jangan takut lagunya dibilang aneh. Percaya tidak percaya, lagu M.B.U (salah satu lagu ANN Jateng yang mungkin dikenal nasheed lovers) dibuat tahun 2005. Sang pencipta butuh waktu 4 tahun untuk meyakinkan lagu itu bagus, hanya karena di cap aneh.

8. Jangan takut mirip lagu ini itu. Setelah teman-teman membuat lagu, kok dirasa-rasa mirip lagu tertentu, jangan panik duluan. Selama tidak niatan untuk menjiplak atau sengaja meniru, biasanya lagu itu tidak mirip-mirip banget. Ada milyaran lagu di dunia ini, dengan nada-nada yang itu-itu saja. Wajar, jika ada sedikit kemiripan pada beberapa lagu.

9. Perluas kemampuan dengan belajar. Lambat laun, lagu yang kamu buat akan mentok begitu-begitu saja, jika tidak belajar. Belajar gitar, keyboard, software musik supaya lebih mahir, akan sangat mendukung karyamu.

10. Cerdik mewujudkan lagu. Kamu gak bisa nyanyi, minta lagumu dinyanyikan temanmu yang bisa nyanyi. Kamu gak bisa mengaransemen, pakai jasa arranger professional. Kamu gak bisa gitar atau kibor, minta teman-temanmu yang bisa membantumu.

11. Ikutan lomba cipta lagu jika ada.

Oke Nasyid Lovers, selamat membuat lagu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^