Rabu, 19 Januari 2011

KD 3: Membuat Lagu dari Hati

KLINIK DIKLAT  3

Selain harus memiliki bagian mahal (bagian mahal apaan tuh? Kapan-kapan kita bahas ya ^_^) dan harus easy listening, ada dua cara lagi untuk memperbesar peluang sukses lagu itu. Indikator sukses disini adalah lagu itu banyak disukai oleh nasyid lovers.   

Yang pertama, rasanya ini sudah banyak yang mengerti, yaitu dinyanyikan dengan hati. Cara kedua, yaitu lagu itu dibuat dengan hati. Sebagian besar lagu dengan cara ini bersinggungan erat dengan kisah nyata. Beberapa tips untuk membuat lagu dari hati, diantaranya:
  1. Buatlah sesuai dengan pikiranmu. Jika kamu bukan tipe penulis lagu yang puitis, jangan memaksakan kata-kata puitis. Yang terpenting, pesan lagu sampai. Pun sebaliknya. Seorang pencipta lagu di ANN Jateng sering disebut aneh karena lirik-lirik yang ia ciptakan jauh dari kesan puitis dan kata-katanya tidak lazim untuk nasyid. Tapi, ia mengaku bahwa seperti itulah hatinya mengkomando untuk membuat lagu.
  2. Jangan menunda. Saat kamu sedang bergembira bersama teman-teman, tiba-tiba kamu ingin membuat lagu tentang persahabatan, lakukan secepatnya. Mumpung suasana hatimu mendukung.Ingat bahwa lagu yang kamu ciptakan membawa misi pesan kebaikan, jadi cobalah untuk jujur menuliskan lirik.
  3. Jangan bermaksud menulis lirik-lirik indah untuk dipuji orang lain. Buatlah keindahan itu tercipta karena kejujuran kamu mengungkapkan.
  4. Sebagian orang takut menuangkan kata hati ke sebuah lagu, karena pesan yang ingin disampaikan malah belum ia laksanakan. Misalnya lagu nikah, tapi yang membuat belum nikah; lagu tentang sholat, tapi yang buat malah bolong-bolong sholatnya. Positive thinking, guys! Bisa jadi kata hati itu malah menuntun kita untuk melaksanakan pesan yang belum kita laksanakan. So, tulis aja. Namanya juga manusia, senantiasa berproses lebih baik.   
  5. Lagu yang dibuat dari hati bukan berarti lagu egois dan absolut gue banget. Manakala ada kritik bin saran dari orang lain pada lagu itu, jangan menolak duluan. Cerna dan kajilah. Siapa tahu masukan itu membuat lagu kita makin ciamik.
Oke nasheed lovers, sekian dulu klinik diklat kita...^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramada, Iie', Sieben, De Cis, Faza, Awan, N'Fe, Nada, Mahiba, Syahdu, Alief, Majesty, Naufal, I~Five, Trio Baik Hati, Redi. We are ANN Jateng...

Posting komentarmu di bawah ini...^^